Home Motor Yamaha Patenkan Nama FJ-09 di Pasar AS! Siapkan Sport-Touring Bermesin MT-09

    Yamaha Patenkan Nama FJ-09 di Pasar AS! Siapkan Sport-Touring Bermesin MT-09

    SHARE

    Mesin Yamaha FJ-09MESINBALAP.com – Yamaha baru-baru ini telah mematenkan nama FJ-09 di kantor paten dan merek dagang di Amerika Serikat (US Patent & Trademark Office). Aplikasi permohonan telah dikirimkan Yamaha sejak tanggal 25 Februari yang lalu dan nama tersebut akan digunakan pada produk sepeda motor, skuter, skuter roda tiga dan komponen struktural yang berkaitan.

    Hal ini memicu spekulasi bahwa pabrikan Garpu Tala tersebut bakal segera meluncurkan Yamaha FJ-09 – sebuah sport-touring untuk pasar AS dengan mesin tiga-silinder yang dicomot dari Yamaha MT-09. Secara historis, kode “FJ” telah digunakan Yamaha di berbagai model sport touring-nya seperti Yamaha FJR1300 yang saat ini masih eksis di negeri paman Obama, dan juga model yang lumayan jadul seperti Yamaha FJ1200 dan FJ1100.

    Dalam budaya jualan-nya, Yamaha juga cenderung menjual sebuah produk dengan penamaan yang berbeda untuk pasar AS dan Eropa, contohnya adalah Yamaha MT-09 (AS) dan FZ-09 (Eropa). Namanya berbeda tetapi isinya 99% adalah sama. Hal yang sama juga sering dijumpai dalam budaya jualan mobil di Amerika dan Eropa.

    Penampakkan Mesin Yamaha FJ-09 diambil dari MT-09

    Namun, pabrikan yang bermarkas di Iwata tersebut tidak menutup-nutupi dan ngomong apa adanya bahwa mereka memang punya rencana akan menggunakan mesin tiga-silinder pada beberapa model barunya di masa mendatang. Konsep mesin tiga-silinder diperkenalkan Yamaha untuk pertama kalinya pada tahun 2012, diklaim membawa teknologi Crossplane Crankshaft yang berasal dari MotoGP.

    Yamaha FJ-09 rumornya akan menggunakan mesin yang diambil dari nakedbike MT-09 – tak lain tak bukan adalah mesin 847cc 3-silinder DOHC FI yang mengadopsi teknologi Crossplane Crankshaft dan sanggup membangkitkan output power hingga 115 HP pada 10,000 rpm dan torsi puncak sebesar 87,5 Nm pada 8,500 rpm.

    KOMENTAR