Home Ducati Ducati Nyatakan Siap Jualan Motor Open Class Mulai Musim Depan

    Ducati Nyatakan Siap Jualan Motor Open Class Mulai Musim Depan

    SHARE

    Ducati Factory Team - Desmo GP14
    MESINBALAP.com – Setelah membuat keputusan hijrah ke Open class pada tes Sepang yang lalu, Ducati kini berniat akan menjual pacuan Open class mereka mulai musim depan. Gigi Dall’Igna selaku GM Ducati Corse menyampaikan langkah tersebut saat konferensi pers di sebuah forum Audi di Munich hari ini.

    Hal ini diungkapkan Gigi sebelum peresmian livery tim Ducati MotoGP 2014, yang akan dilakukan pada Senin malam waktu Munich. Langkah ini mirip seperti yang dilakukan Honda pada kelas baru tersebut, yakni menjual RCV1000R ke beberapa tim di MotoGP.

    Sedangkan strategi Yamaha saat ini adalah menyewakan mesin YZR-M1 beserta sasis-nya ke tim yang berminat. Saat ini hanya Forward Racing yang menjadi satu-satunya tim yang menggunakan mesin Yamaha M1 di Open class aka FTR-M1, belum ada pelanggan lainnya.

    “Yang kami miliki dalam benak kita adalah mengembangkan dan melihat dengan tim pada tahun 2015. Motor yang saya harapkan benar-benar cepat, akan menelan biaya yang hampir sama dengan kompetitor. Saya pikir itu penting bagi kita semua dan MotoGP, dimana Ducati telah memilih solusi Open”, ujar Dall’Igna.

    Ducati Desmosedici Pramac Racing

    Dengan menjual pacuan Open class, bukan menyewakan, berarti Ducati akan melakukan hal yang kira-kira mirip seperti Honda, untuk menjaga teknologinya agar tidak bocor dan membatasi spesifikasi motor.

    Seperti yang diutarakan Dall’Igna bahwa harga motor Open class mereka hampir sama dengan kompetitornya, siapa lagi kalau bukan Honda, kan niat Ducati juga menjual. Gak mungkin kan Ducati mau menjual motor prototipe mereka seharga motor Open class Honda? Dengan harga yang hampir sama, Yamaha memilih menyewakan mesin M1, bukan menjualnya.

    Tahun ini pabrikan asal Bologna tersebut akan memasukkan semua pembalapnya ke kategori Open, termasuk Cal Crutchlow, Andrea Dovizioso, Andrea Iannone dan Yonny Hernandez. Gilanya, keempat pembalap Ducati tersebut turun ke Open class dengan dukungan motor prototipe spesifikasi pabrikan resmi. HRC dan YFR pasti garuk-garuk kepala. :mrgreen:

    KOMENTAR