Home MotoGP Pedrosa Yakin Ban Lembut Milik Open Class Lebih Menguntungkan, Bautista: Saya Minta...

    Pedrosa Yakin Ban Lembut Milik Open Class Lebih Menguntungkan, Bautista: Saya Minta Juga Donk

    SHARE

    Dani Pedrosa
    MESINBALAP.com – Suplai ban berkompon lembut dari Bridgestone tentu akan memberikan keuntungan lebih bagi pembalap Open class, menurut penilaian Dani Pedrosa. Ancaman dari Aleix Espargaro sudah barang tentu akan jadi kejutan bagi pembalap papan atas macam Trio Spanyol.

    Aleix dengan pacuan FTR-Yamaha M1 di Open class dibekali ban belakang berkompon lebih lembut. Hal itu memberikan keuntungan baginya dalam sesi kualifikasi dan bukan tak mungkin pole position bisa direbutnya. Ban berkompon lembut juga memberikan keuntungan lebih saat kondisi trek menjadi dingin. Tapi ini masih prediksi, belum terbukti dalam balapan pembuka nanti.

    “Dengan ban lembut, motor Open class akan punya sesuatu yang lebih. Meskipun untuk satu lap di sesi kualifikasi bahan bakar tidak menjadi masalah bagi kami karena anda dapat menggunakan kekuatan penuh. Ban lunak akan memberikan pengaruh besar di lintasan ketika kondisinya dingin”, ujar Pedrosa kepada MCN.

    Tapi Pedrosa juga yakin hasil balapan nantinya tidak akan banyak berubah, meskipun sesi kualifikasi jadi berbeda.

    “Tapi yang pasti sesi kualifikasi akan berbeda, meskipun hasil balapan mungkin tidak banyak berubah. Selalu lebih baik bisa berada di barisan depan ketimbang barisan kedua dan berusaha melewati pembalap-pembalap ini di lap pertama.”

    Ban Bridgestone MotoGP

    Di mata Alvaro Bautista, ban berkompon ekstra lembut lebih berasa manfaatnya ketimbang bahan bakar lebih banyak dan sistem elektronik. Hal ini memberikan keuntungan kepada rider Open class dalam mencetak catatan waktu yang bagus, menurut rider GO&FUN Honda Gresini tersebut.

    “Saya rasa beberapa motor akan punya keunggulan di babak kualifikasi dengan ban lembut. Pacuan Open class sangat mirip dengan motor spesifikasi pabrikan milik kami, tetapi mereka boleh menggunakan ban lembut dan saya pikir ini memberi mereka kesempatan yang lebih baik untuk mencetak lap time yang bagus”, ujar Bautista kepada motorcyclenews.com.

    Itu sebabnya Bautista juga ingin dikasih ban lembut, agar bisa tokcer di lintasan.

    “Perbedaan antara tangki bahan bakar yang lebih besar dan sistem elektronik tidak begitu besar. Tapi saya pikir perbedaan besarnya adalah ban lembut yang bisa mereka gunakan. Saya tidak begitu keberatan mereka mendapat bahan bakar lebih banyak, tetapi berikan saya ban lembut juga donk. Ban di MotoGP sangat penting dan pasti dalam sesi kualifikasi mereka akan punya keuntungan”, clotehnya sambil bergurau.

    KOMENTAR