Home MotoGP Losail, Qatar MotoGP Losail Qatar 2014: Aleix Tak Ingin Ganti Sasis M1 dengan Sasis...

    MotoGP Losail Qatar 2014: Aleix Tak Ingin Ganti Sasis M1 dengan Sasis Buatan FTR

    SHARE

    Forward Yamaha YZR-M1
    MESINBALAP.com – Mungkin ada benarnya jika tahun ini Aleix Espargaro bakal jadi kuda hitam Yamaha. Hal ini lantaran Aleix yang turun di Open class menerima satu paket lengkap prototipe Yamaha YZR-M1 tanpa seamless-shift gearbox, hanya bajunya saja yang berbeda dengan M1 Movistar Yamaha dan Tech 3. Sedangkan ECU disuplai Magneti Marelli.

    Sebelumnya Forward Racing digadang-gadang hanya menyewa paket mesin Yamaha YZR-M1, dengan sasis dikembangkan oleh FTR, bukan dari Yamaha. Itulah kenapa pacuan Aleix Espargaro dan Colin Edwards sebelumnya dijuluki sebagai FTR-Yamaha M1 atau singkatnya FTR-M1.

    Sekarang sudah jelas, NGM Forward Racing tak hanya menggunakan mesin Yamaha M1, tapi juga sasis, swing-arm dan suspensi Ohlins yang sama seperti yang digunakan tim pabrikan Yamaha. Nama FTR pun kini juga sudah dihapus dari pacuan Forward Racing, sekarang motor itu hanya bernama Forward Yamaha (bisa ditambahi kata YZR-M1 dibelakangnya).

    Aleix pun ngomong terus terang soal itu, bahwa dirinya tak ingin ganti sasis FTR, bahkan jika sasis baru itu sudah tiba dan siap digunakan. Mantan pembalap CRT itu tak berniat mengganti sasis rancangan Yamaha dengan sasis buatan FTR. Itu jelas karena sasis Yamaha M1 yang digunakannya jauh lebih mumpuni dibanding sasis buatan FTR.

    “Saya tidak akan menggunakan rangka/sasis FTR musim ini, bahkan jika (sasis) itu sudah tiba. Saya tahu Colin (Edwards) benar-benar tertarik ingin mencobanya. Ia ingin mencobanya di Malaysia dan Qatar. Sekarang dia memaksa bos (kami) untuk mencobanya di balapan selanjutnya atau di Jerez, segera setelah dia bisa”, ujar Aleix di Qatar, dikutip dari Crash.net.

    Aleix Espargaro

    Meski Colin Edwards berencana akan menggunakan sasis FTR, Aleix sama sekali tak berniat mencoba sasis itu. Baginya pacuan yang dia pakai sekarang sudah kompetitif dan dia tak ingin coba-coba.

    “Tapi saya tidak punya rencana untuk mencobanya, karena motor ini sudah kompetitif dan saya tidak ingin coba-coba”, jelas Aleix.

    Bisa dibilang pacuan Aleix Espargaro mirip dengan pacuan tim Yamaha Tech 3 musim lalu, meskipun ada yang menyakini jika motornya Aleix sama persis seperti yang digunakan Rossi dan Lorenzo. Yang membedakan hanyalah soal seamless gearbox, motor Aleix tak dibekali itu, sedangkan pacuan milik Movistar Yamaha dan Tech 3 kini telah dibekali SSG.

    Sedangkan untuk sistem elektroniknya, pacuan Aleix didukung ECU Magneti Marelli yang meliputi hardware dan software-nya. Yamaha berencana hanya akan memasok 5 mesin per musim untuk Aleix Espargaro. Keuntungan yang diterima rider Forward Racing ini meliputi 24 liter BBM, ban berkompon lebih lunak, tidak ada pembekuan mesin dan bebas melakukan pengetesan.

    KOMENTAR