Home MotoGP Losail, Qatar MotoGP Losail Qatar 2014: Cepat di Babak Kualifikasi Gak Penting Bagi Aleix

    MotoGP Losail Qatar 2014: Cepat di Babak Kualifikasi Gak Penting Bagi Aleix

    SHARE

    Aleix Espargaro - NGM Forward Racing, FP1 Qatar 2014
    MESINBALAP.comLatihan pembuka MotoGP Qatar kemarin menempatkan Aleix Espargaro sebagai pembalap tercepat, mengungguli pembalap-pembalap satelit dan pabrikan. Namun Aleix tak terlalu jumawa dengan hasil itu, lantaran dia sudah melakukan tes duluan disini beberapa waktu yang lalu.

    Rider Open class ini menargetkan ingin masuk barisan depan dalam sesi kualifikasi yang akan digelar Sabtu besok. Tak tanggung-tanggung anak ini ingin naik ke atas podium dan menantang para pembalap pabrikan. Bisa saja terjadi, lantaran di kelas CRT anak ini jadi rajanya dalam dua tahun terakhir.

    Pembalap yang turun dalam status Factory tidak mendapatkan suplai ban belakang berkompon ekstra lembut dari Bridgestone, sebaliknya para pembalap Open class lah yang menerimanya. Sedangkan rider Factory disuplai ban keras, kecuali semua pembalap Ducati yang dapat kelonggaran.

    “Yang pasti kami akan menjadi semakin dekat (dengan pembalap pabrikan). Saya melakukan pekerjaan besar dengan ban keras, makanya saya senang dengan ban itu. Dan kemudian dengan ban lunak saya melakukan sejumlah lap yang sangat baik. Besok dan di babak kualifikasi para pembalap pabrikan akan banyak menyempurnakan (lajunya), sehingga itu tidak akan mudah,” komentar Aleix kepada Crash.

    Aleix pun mengakui jika dia diuntungkan dengan sesi tes pra-musim yang digelar di Losail beberapa waktu lalu. Dalam tes tersebut, dominasi Aleix cukup kentara diantara rider Open class lainnya, bahkan mengungguli pembalap satelit.

    “Jelas kami mendapatkan sedikit keuntungan karena kami telah melakukan pengujian di sini sebelumnya, tapi saya merasa luar biasa dan merasa baik dengan motor itu. Kondisi sirkuitnya tidak sempurna seperti dalam sesi pengujian yang lalu tapi saya nikmati saja geber motornya dan itu bagus untuk mengawali musim seperti ini”, tambah Aleix.

    Ban belakang berkompon ekstra lembut mungkin sangat cocok digunakan dalam babak kualifikasi karena bisa mempertajam catatan waktu, tapi itu kurang manjur saat dipakai balapan dengan jarak tempuh yang lama. Bisa jadi belum finish kompon ban sudah tipis dan habis.

    “Kami tahu bahwa kami akan cepat di babak kualifikasi, tapi itu gak penting. Kami harus bekerja dalam hal jarak tempuh balapan dengan ban berkompon keras di bagian belakang. Dengan ban keras kami melakukan langkah besar meskipun kondisi treknya tidaklah sempurna. Saya merasa nyaman, tapi kami harus menunggu dan melihat (hasilnya lagi).”

    “Dalam babak kualifikasi kami perlu berada di barisan depan dan kemudian dalam balapan saya akan menekan habis-habisan dan mungkin kami bisa mendekati podium”, ceplossnya.

    KOMENTAR