Home MotoGP Losail, Qatar Jelang FP4 MotoGP Qatar 2014: Lorenzo Masih Galau Soal Ban

    Jelang FP4 MotoGP Qatar 2014: Lorenzo Masih Galau Soal Ban

    SHARE

    Jorge Lorenzo - FP3 MotoGP Qatar 2014
    MESINBALAP.com – Jagoan tim Movistar Yamaha Jorge Lorenzo tak mampu berbuat banyak dalam sesi latihan bebas MotoGP Qatar, Jum’at kemarin. Masalah kurang cocoknya kompon ban dengan sirkuit Qatar masih mendera kubu Yamaha, bahkan Lorenzo sama sekali tak mampu masuk posisi lima besar sejak latihan bebas pembuka pada hari Kamis.

    Aleix Espargaro menggelinding di lintasan Losail bak ranjau darat yang siap menerkam semua tim yang berstatus Factory. Seperti yang kita ketahui, rider NGM Forward Racing tersebut didukung prototipe Yamaha M1 spek 2013, bukan hanya mesinnya saja tapi juga sasis, swing-arm dan suspensi Ohlins-nya sama seperti YZR-M1 yang digunakan tim pabrikan Yamaha.

    Hanya saja motor Aleix menjalankan kontrol ECU penuh dari Magneti Marelli yang meliputi hardware dan softwarenya, sebagai bagian dari perjanjian Open class. Yamaha tak menyewakan seamless gearbox ke Forward Racing, tapi mereka disuplai ban belakang ekstra lembut dari Bridgestone. Pasokan ban berkompon ekstra lembut ini tidak diberikan ke tim pabrikan.

    “Kami memiliki feeling yang sama hari ini dengan kurangnya grip di bagian belakang dengan ban berkompon lunak. Kami mencoba untuk beradaptasi dengan situasi ini dan hal positifnya kami sudah lebih dekat dengan pembalap yang lebih cepat dalam laju balapan, mungkin tiga atau 4/10 bukan satu detik, makanya mari kita lihat apakah besok kami mampu meningkatkannya”, kata Lorenzo dalam rilis yang dikeluarkan Yamaha pagi ini.

    Aleix mungkin saja menjadi ancaman besar terhadap semua pembalap papan atas, tak terkecuali bagi duo Movistar Yamaha. Tapi apakah mungkin pabrikan Iwata tersebut mengijinkan orang yang menyewa motornya tiba-tiba membantai habis tim resmi milik Yamaha sendiri (Movistar) di race Qatar Minggu besok? Sepertinya gak mungkin ya. Team order? Why not gitu lho. :mrgreen:

    KOMENTAR