Home MotoGP MotoGP 2014: Honda Tegaskan Gak Buru-Buru Merombak RCV1000R

    MotoGP 2014: Honda Tegaskan Gak Buru-Buru Merombak RCV1000R

    SHARE

    Honda RCV1000R - Scott Redding & Nicky Hayden
    MESINBALAP.com – Beberapa pembalap Honda Open class mengeluhkan tentang kurangnya power pada pacuan RCV1000R mereka. Namun, bos HRC Livio Suppo menegaskan bahwa Honda gak akan buru-buru merombak mesin RCV1000R versi produksi.

    Komponen baru gak akan dibawa HRC sampai dua seri mendatang, termasuk seri MotoGP Austin dan Argentina. Tapi di Jerez nanti mereka akan membawa komponen baru untuk RCV1000R. Suppo mengatakan perlu menunggu dan melihat lagi performa mesinnya, jadi dalam tiga seri mulai Qatar, Texas dan Argentina, Honda tidak akan memberikan upgrade.

    “Kami perlu menunggu dan melihatnya lagi. Kami sudah berusaha keras menyesuaikan mesin kami dengan software baru Magneti Marelli, makanya saya tidak berpikir kami harus panik”, ujar Livio Suppo kepada MCN.

    Di seri perdana MotoGP Qatar yang lalu Scott Redding (Honda RCV1000R) finish di posisi ke-7 dibelakang Cal Crutchlow (Ducati GP14). GAP Redding dengan Marc Marquez mencapai +32.593 detik dan Redding menjadi pembalap tercepat Honda Open class dalam balapan pembuka tersebut.

    Suppo mengatakan tak perlu panik, lantaran MotoGP 2014 masih berjalan satu seri dan sisa 17 seri lagi. Lagi pula, lawan RCV1000R adalah prototipe pabrikan murni yang diturunkan di Open class – Forward Yamaha YZR-M1 dan Ducati GP14. Kalaupun kalah tak terlalu malu-maluin, lantaran pakai motor versi produksi MotoGP.

    Scott Redding & Nicky Hayden - MotoGP Qatar 2014

    “Kami akan mengawasinya tetapi masih terlalu dini untuk panik dan berkata kami harus melakukan sesuatu yang mendesak. Dan saya tidak berpikir siapa pun mengharapkan punya mesin untuk memenangkan balapan”, tambah Suppo.

    Kesenjangan mungkin terlihat dengan pembalap Open class Yamaha Aleix Espargaro yang finish di posisi ke-4 dengan GAP mencapai +11.623 detik dari Marquez. Jelas GAP-nya mencolok lantaran Aleix didukung pacuan prototipe Yamaha YZR-M1 spek tahun lalu.

    Bukan hanya mesinnya saja yang menggunakan Yamaha M1, tetapi sasis, swing-arm dan suspensinya juga sama persis seperti M1 yang dipakai tim pabrikan Yamaha. Sasis FTR yang didengungkan Forward Yamaha tahun lalu pun ternyata tak jadi dipakai, lantaran Aleix lebih suka sasis asli Yamaha M1.

    Sedangkan RCV1000R adalah versi downgrade dari prototipe RC213V yang tanpa dibekali klep pneumatic dan seamless gearbox. Bahkan Ducati GP14 spek pabrikan pun babak belur melawan pacuan Aleix Espargaro, dengan Dovi dan Crutchlow finish dibelakang pembalap Forward Racing itu. Padahal Ducati sudah diberikan kelonggaran layaknya tim Open class, tapi masih juga babak belur.

    KOMENTAR