Home MotoGP Jelang MotoGP Austin 2014: Spencer Komentari Duel Rossi dan Marquez

    Jelang MotoGP Austin 2014: Spencer Komentari Duel Rossi dan Marquez

    SHARE

    Freddie Spencer & Marc Marquez
    MESINBALAP.com – Duel panas yang disajikan Marc Marquez dan Valentino Rossi rupanya mengundang decak kagum dari sesosok pembalap Legenda MotoGP “Freddie Spencer”. Kiprah Marquez mirip seperti Spencer, yang sama-sama merebut gelar juara dunia termuda di kelas premier.

    Bersama Honda, Spencer merengkuh gelar termuda pada tahun 1983 silam. Namun, Rekor juara dunia termuda yang dipegang Spencer itu direbut Marquez pada akhir tahun lalu setelah dirinya dinobatkan sebagai juara dunia MotoGP 2013.

    Soal duel antara Rossi dan Marquez, Spencer pun angkat bicara hari ini dan baginya itu merupakan duel yang sangat hebat lantaran bisa membuat penonton tegang bukan main.

    “Itu adalah pertempuran besar. Valentino memang mengatakan bahwa babak kualifikasi tidak akan menjadi indikasi balapan dan tahun lalu juga ia melaju dengan baik di Qatar. Saya tidak terkejut dia berada di posisi atas, tapi apa yang sangat menarik adalah sejumlah pembalap lainnya juga berebut posisi terdepan, misalnya Stefan Bradl, Alvaro Bautista dan Bradley Smith”, komentar Freddie Spencer yang baru saja mendirikan sekolah balap di selatan Perancis.

    “Jorge Lorenzo terjatuh di lap pertama, jika tidak terjatuh saya pikir dia akan benar-benar menyulitkan pembalap lainnya. Tapi tentu saja dia terjatuh dan kemudian pertempuran terjadi antara Marc dan Valentino – dan itu sangat menarik. Tapi kita harus melihat apa yang terjadi setelah kita sampai ke Austin. Dalam beberapa aspek, Qatar itu unik, tetapi balapan tahun ini pasti banyak yang menarik napas.”

    Marquez vs Rossi

    Di mata Spencer, Marquez sama sekali tak mengerahkan 100% tenaganya dalam hajatan MotoGP Qatar yang lalu. Pembalap legendaris itu menilai bahwa Marquez hanya melakukan apa yang perlu dia lakukan dan dia anggap Marquez sudah cukup dewasa dan matang dalam bertindak. Kalau begitu duel melawan Rossi pun tak 100% donk? Ya ada benarnya juga kata om Freddie, kan Marquez lagi sakit saat itu.

    “Well, saya pikir Qatar sangat penting dari sudut pandang berikut: Saya tak yakin dia (Marquez) benar-benar berusaha membalap dengan kondisi 100%. Dia tidak perlu itu. Dia hanya melakukan apa yang diperlukan pada saat itu dan itu hal dewasa yang dapat dilakukan. Tidak peduli apakah anda memenangi balapan dengan 20 detik atau dua perseribu detik. Dia tidak mengambil risiko dalam sesi latihan bebas maupun babak kualifikasi”, ujar om Freddie soal matangnya strategi Marquez.

    Spencer memandang Marquez saat ini sudah sangat berbeda dengan Marquez versi tahun lalu alias ketika masih jadi rookie MotoGP yang unyu-unyu. Saat jadi rookie saja sudah menyulitkan pembalap papan atas seperti Lorenzo dan Pedrosa.

    “Anda bisa mengatakan bahwa pendekatan-nya sangat berbeda dengan tahun lalu: tidak ada insiden, bukan yang paling cepat tapi hasilnya terlihat di babak kualifikasi dan kemudian memenangi balapan. Sebuah pendekatan yang sangat terkontrol. Dia hanya melakukan apa yang harus dia lakukan, tapi dia dan Valentino melakukan pekerjaan yang hebat”, pungkasnya.

    KOMENTAR