Home Balap Motor Enggan Turunkan R15 ke Indoprix 150cc, Yamaha Salahkan IMI

    Enggan Turunkan R15 ke Indoprix 150cc, Yamaha Salahkan IMI

    SHARE

    Yamaha R15 versi balap
    MESINBALAP.com – Pekan lalu Yamaha Indonesia kembali mengumumkan kejelasan partisipasinya di kelas baru Indoprix 150cc. Mereka mengumumkan gak jadi menurunkan sportbike YZF-R15 di kelas baru tersebut. Sebelumnya YIMM juga mengatakan bahwa NVL tidak akan diturunkan ke Indoprix 150cc karena Jepang tidak mengijinkan, maka R15 lah yang akan diturunkan.

    Kini jelas sudah NVL dan YZF-R15 gak akan meramaikan persaingan di Indoprix 150cc. Kali ini yang dijadikan alasan YIMM adalah faktor safety alias keselamatan. Sirkuit di Indonesia menurut mereka tidak cocok dengan power gede yang dilontarkan dari mesin SOHC R15 yang digembar-gemborkan 6 detik lebih cepat dari rival utamanya.

    Alhasil, Yamaha menyalahkan IMI (Ikatan Motor Indonesia) lantaran cuek bebek terhadap masukan yang diberikan, benarkah demikian? Menurut mereka, IMI tidak serius survei langsung ke lapangan atau melihat kondisi sirkuit di Indonesia.

    Maksud safety disini adalah keselamatan pembalapnya, Yamaha gak mau jika nanti pembalapnya mengalami cidera parah maupun cacat karena berpartisipasi di Indoprix 150cc. Akibatnya karir pembalapnya bisa tersendat saat menuju ke jenjang MotoGP pada 2018 nanti, karena fisiknya sudah tidak prima lagi.

    Benarkah itu? Lantas bagaimana dengan karir Doni Tata saat di MotoGP dulu (GP250)? Apakah top markotop meski kondisi fisiknya masih prima? Entahlah tapi yang jelas sangat disayangkan lantaran Doni dipaksa menggeber Yamaha TZ250 yang notabena pengembangan tahun 2002. Seperti yang kita ketahui, Yamaha Indonesia punya agenda ke MotoGP pada 2018 nanti, masih lama 4 tahun lagi.

    Sejak jaman dulu yang namanya balapan itu tidak pernah aman dan jauh dari kata aman, benar kan? Balap motor dan balap mobil selalu bersenggolan dengan yang namanya faktor keselamatan. Hanya saja bisa diusahakan balapan tersebut menjadi lebih aman dan safety. Balap karung dan balapan makan sate Ayam tentunya lebih aman daripada balapan motor. :mrgreen:

    Alangkah bijaknya ucapan “Loe jual gue beli” yang dilontarkan petinggi YIMM beberapa waktu lalu, harus segera ditarik kembali.

    KOMENTAR