Home MotoGP Austin, Texas Preview MotoGP Austin 2014: Akankah Dominasi Honda Berlanjut?

    Preview MotoGP Austin 2014: Akankah Dominasi Honda Berlanjut?

    SHARE

    Repsol Honda - MotoGP Austin 2013
    MESINBALAP.com – Dominasi Honda di semua sirkuit Amerika Serikat sulit terpatahkan dalam beberapa tahun terakhir. Sang lawan selalu kedodoran ketika menginjak tanah paman Obama itu. Entah apa ramuan mereka bisa sampai seperti itu.

    Bagaiamana gak kedodoran, dalam delapan balapan terakhir di USA, Honda selalu mendominasi disana dengan podium satu selalu direbut oleh joki Honda RCV. Jorge Lorenzo jadi satu-satunya pembalap non-Honda terakhir yang merebut kemenangan di sirkuit Amerika Serikat pada tahun 2010 silam, tepatnya di Laguna Seca.

    Akhir pekan ini sirkuit Austin Texas akan menggelar balapan kedua mereka di MotoGP, sekaligus jadi ronde ke-2 balapan MotoGP musim ini. Tahun lalu Honda benar-benar tampil superior disana dengan dua jokinya dari kubu Repsol – Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

    Bahkan Dani Pedrosa mendapatkan perlawanan sengit dari rekan setimnya sendiri yang saat itu masih berstatus rookie. Pedrosa dihajar Marquez yang masih berstatus pelajar di Austin tahun lalu. Ya mas Ped pasrah saja, podium satu akhirnya jadi milik MM93.

    Dengan kemenangannya di Austin tahun lalu, Marquez telah mengukir rekor sebagai pembalap termuda yang memenangi balapan MotoGP dalam sejarahnya dan juga di semua kategori. Dia juga jadi pebalap termuda yang mampu meraih pole position di seri MotoGP, setelah dia sabet rekor itu di Austin tahun lalu.

    Marquez-Pedrosa - MotoGP Austin 2013

    Ngomongin soal dominasi Honda di trek Amerika, jelas kubu Yamaha sangat gatal ingin mematahkannya, jelas bingits coy. Terlebih Lorenzo terjungkal di seri perdana MotoGP Qatar bulan lalu. Jelas ambisi Jorge akan semakin menggebu-gebu, lantaran dia telah ketinggalan 25 poin dari Marquez.

    Di Austin tahun lalu pula Marquez membuat GAP +3.381 detik dari Lorenzo yang berada di posisi ke-3, baguslah meski masih berstatus rookie saat itu. Lorenzo tak mampu berbuat banyak saat itu, untuk mendekat saja sulit, bahkan motornya sampai jumpalitan saat mengejar Honda.

    Piranti SSG Honda terbukti sangat manjur di sirkuit Austin tahun lalu, maka tak heran jika Yamaha kedodoran mengejarnya. Tapi bagaimana dengan tahun ini? Dengan Yamaha menggunakan piranti serupa, akankah dominasi Honda berlanjut di sirkuit Austin akhir pekan ini?

    Tapi bagaimanapun, semoga saja ada pertarungan seru seperti seri Qatar kemarin, biar bokong tidak berasa panas nontonnya.

    KOMENTAR