Home MotoGP Ducati Telah Mengadopsi Girboks Baru Seperti Honda, Bagaimana Dengan Yamaha?

    Ducati Telah Mengadopsi Girboks Baru Seperti Honda, Bagaimana Dengan Yamaha?

    SHARE

    Assen Belanda-Perubahan strategi balap pada Pabrikan Ducati pun berubah secara drastis. Prototipe Ducati GP11 kini telah resmi berubah dengan mengadopsi sistem Girboks baru yang mirip dengan Girboks dan sistem kerja Transmisi baru milik Honda RC212V. Ducati menamakan Girboks baru tersebut dengan nama DST (Ducati Seamless Transmission). Bukan hanya itu saja, perubahan pada Chassis pun dilakukan pada Ducati GP11. Dimana Ducati GP11 telah menggunakan Chassis baru milik Prototipe Ducati 1000cc 2012. Maka tak heran jika nama dari Ducati GP11 berubah menjadi Ducati GP11,1. Lalu bagaiamana dengan pabrikan Yamaha? Apakah Yamaha juga telah melakukan pengembangan pada YZR-M1 seperti halnya pengembangan Honda dan Ducati?

    Tidak ada kabar pasti dari pihak pabrikan Yamaha tentang pengembangan pada mesin YZR-M1. Bahkan untuk kompetisi balap 2012 Yamaha sepertinya belum resmi memberitakan Motor Prototipenya 1000cc 2012. Ada apa dengan Yamaha? Di saat dua pabrikan pesaingnya gencar-gencarnya melakukan pengembangan pada aspek mesin motor prototipenya masing-masing, kenapa Yamaha seperti terdiam? Mungkin masalah pendanaanlah yang menjadi penyebab berhentinya pengembangan. Atau apa karena gara-gara hengkangnya Rossi dan Burgess ke Ducati, akhirnya membuat Yamaha kebingungan melakukan pengembangan pada motor YZR-M1? Mungkin saja dua faktor di atas yang menjadi penyebab berhentinya pengembangan motor YZR-M1 secara sejenak.

    Padahal kita tau bahwa tahun ini merupakan tahun Pabrikan Yamaha merayakan Ulang Tahun yang ke-50 di ajang balap WGP. Belum lagi di tambah seri balap Assen dan Laguna Seca Yamaha memakai Livery khusus pada Yamaha YZR-M1. Untuk masalah mesin, YZR-M1 memang kalah dengan RC212V. Inilah yang membuat Lorenzo kesulitan membalap di Musim 2011. Walaupun Skill Lorenzo sangat bagus, namun pembalap Spanyol tersebut tak lagi ditunjang motor yang mumpuni. Padahal musim lalu Yamaha begitu kompetitif dengan kedua pembalapnya, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

    Sedangkan Pabrikan Ducati melakukan perubahan besar-besaran adalah karena enam seri terdahulu balap MotoGP telah memberikan hasil yang kurang bagus pada pembalapnya Valentino Rossi dan Nicky Hayden. Hal inilah yang membuat Filippo Preziosi melakukan perubahan besar pada motor GP11 dengan saran dan masukkan dari Valentino Rossi. Hingga Ducati resmi mengadopsi Girboks dan Sistem Transmisi mirip dengan pabrikan Honda. Terbukti untuk sesi latihan bebas pada hari Kamis kemarin, Rossi mendapatkan hasil yang positif pada GP11,1 dengan menduduki peringkat dua di sesi latihan bebas walaupun trek Assen dalam keadaan basah karena hujan. Untuk hasil lebihnya pada Ducati GP11,1 bisa kita buktikan saat Balap Assen berlangsung.

    Sumber gambar: Courtesy Of MotoGP

    KOMENTAR