Home MotoGP Austin, Texas Sambut Musim 2015, Suzuki Bakal Tes Motor Baru di Austin Hari ini

    Sambut Musim 2015, Suzuki Bakal Tes Motor Baru di Austin Hari ini

    SHARE

    Suzuki XRH-1 MotoGP Prototype
    MESINBALAP.com – Suzuki berencana kembali ke MotoGP pada tahun 2015 mendatang sebagai entri Factory alias bergabung ke dalam kelas pabrikan. Di sirkuit Austin pula Suzuki dikabarkan akan mengetes prototipe XRH-1 dengan software ECU terbaru. Kemungkinan tesnya dilakukan hari Senin waktu USA, satu hari setelah balapan.

    Dalam 12 bulan terakhir, Suzuki XRH-1 telah menjalani berbagai uji coba di beberapa sirkuit seperti Aragon, Brno, Catalunya dan Sepang. Pabrikan berlambang huruf “S” tersebut juga berencana hadir di sirkuit Termas de Río Hondo di Argentina dalam dua minggu mendatang. Rencananya tetap sama yakni pengetesan.

    Davide Brivio mengatakan bahwa fokus utama timnya adalah mencoba sistem elektronik terbaru yang dibawa Suzuki dari Jepang. Sistem elektronik tersebut sudah dibekali dengan software terbaru.

    “Elektronik menjadi salah satu fokus utama kami dalam bekerja nanti karena kami mengawalinya di Sepang kemarin dengan elektronik Magneti Marelli, tapi itu belumlah siap. Meskipun demikian kami memutuskan untuk memulai pengembangan”, ujar Davide Brivio kepada MotoGP.com.

    “Makanya di Austin kami akan mendapat update baru, rilis terbaru dari software tersebut, karena pekerjaan kami fokus pada hal itu di Jepang.”

    Selain itu, Suzuki menegaskan juga ingin beradaptasi di sirkuit Austin agar mereka lebih siap saat berpartisipasi tahun depan di sirkuit tersebut. Sembari melakukan tes pacuan, mereka juga ingin mencicipi karakter sirkuit bikinan arsitek Jerman itu.

    Pengujian Suzuki XRH-1

    “Target lainnya dari tes ini adalah agar kami mengenal trek ini dan mengumpulkan data untuk digunakan tahun depan, karena Suzuki belum pernah ke sini. Jadi kami perlu mengenalnya dan mencoba menjadi lebih siap untuk tahun 2015 mendatang ketika kami berada di sini untuk mengikuti balapan”, tambahnya.

    Mengenai opsi Open class dan Factory, pabrikan Hamamatsu tersebut berniat terjun secara penuh di bawah format Factory class tahun depan. Suzuki tak berminat dengan tawaran Open class, sebaliknya mereka akan menggunakan software bikinan mereka sendiri pada pacuan XRH-1.

    Baru pada tahun 2016 mereka akan beralih ke software standar Dorna, yang saat ini disuplai oleh Magneti Marelli. Lantaran pada 2016 mendatang regulasi ECU tunggal akan diterapkan Dorna, tidak peduli apakah Honda dan Yamaha setuju.

    “Rencana kami adalah bergabung ke entri Factory, makanya kami sedang mengembangkan software dan kami ingin menggunakan software kami sendiri tahun depan. Kemudian untuk tahun 2016 kami akan menggunakan software standar Dorna”, tegas Brivio.

    KOMENTAR