Home MotoGP Musim Depan Forward Racing Tak Boleh Pakai Sasis Yamaha M1 Lagi

    Musim Depan Forward Racing Tak Boleh Pakai Sasis Yamaha M1 Lagi

    SHARE

    Forward Racing Yamaha YZR-M1
    MESINBALAP.com – Yamaha menegaskan bahwa mulai musim depan squad Forward Racing tak diijinkan lagi untuk menggunakan sasis prototipe YZR-M1. Sesuai perjanjian awal, tim yang bermarkas di Italia tersebut wajib berkolaborasi dengan pabrikan sasis FTR untuk membuat sasis mereka sendiri.

    Seperti kita ketahui, tahun ini Forward Racing terjun di Open class dengan dukungan paket Yamaha M1 spek 2013 yang hampir 100% jadi, meliputi mesin, sasis, swingarm dan suspensi Ohlins. Biaya sewa per musim yang dikenakan Yamaha sebesar £650,000 atau sekitar Rp 12,4 milyar.

    Forward Racing awalnya sepakat dengan perjanjian tersebut, namun masalah muncul karena sasis buatan FTR belum kelar sampai sekarang. Mereka sebenarnya juga sudah teken kontrak dengan pabrikan sasis asal Inggris tersebut untuk mengembangkan sasis dan swingarm.

    pak bos Lin Jarvis mengatakan tak ingin menyimpang dari strategi awal, yakni hanya sewa mesin saja. Masalah muncul lagi karena saat ini Alex Espargaro ogah ganti sasis pacuannya ke sasis buatan FTR.

    “Kami punya pemahaman yang jelas bahwa pasokan frame dan swingarm tahun ini untuk membantu mereka, karena proyek ini masih tergolong baru”, ujar Lin Jarvis kepada MCN.

    Jarvis bersikeras jika Forward Racing tak menjalin kerja sama dengan FTR, maka mereka harus menggaet produsen sasis lainnya seperti Kalex maupun Suter. Disamping skill yang mantab, penampilan gemilang Alex juga karena dukungan Yamaha YZR-M1 spek 2013. Bedanya motornya menerima jatah 24 liter BBM dan ECU Magneti Marelli.

    “Tahun depan mereka harus punya frame dan swingarm mereka sendiri dan ini sudah sangat jelas. Jika mereka tidak bekerja sama dengan FTR, maka mereka wajib bekerja sama dengan produsen sasis lainnya”, tegas pak bos Jarvis sekali lagi.

    KOMENTAR