Home Motor Yamaha YZF-R125 Bisa Diluncurkan di Indonesia! Tapi Bandrol Harganya Bikin Galau

    Yamaha YZF-R125 Bisa Diluncurkan di Indonesia! Tapi Bandrol Harganya Bikin Galau

    SHARE

    Yamaha YZF-R125
    MESINBALAP.com – Tampaknya Yamaha Indonesia ingin melengkapi lineup YZF-R series agar predikat pabrikan berbau motorsport yang mereka sandang tak tergoyahkan. Raja dan wakilnya sudah masuk duluan ke negeri kita tahun lalu, siapa lagi kalau bukan YZF-R1 dan YZF-R6.

    Dan sportbike YZF-R15 positif bakal diluncurkan secara resmi pekan depan, setelah teknik indent online yang diterapkan ternyata manjur menjual 1500 unit R15 awal pekan ini. Sedangkan Yamaha YZF-R25 bakal diluncurkan bulan depan, mengingat teknik jump start juga sangat manjur.

    Sang adik yang paling kecil yakni R125 sepertinya sedang dipikir matang-matang oleh YIMM. Menurut kabar burung beo, Yamaha YZF-R125 kabarnya bisa masuk ke pasar Indonesia tapi waktunya belum bisa dipastikan. Ya namanya saja kabar burung beo gan, jadi masih S2 alias simpang siur.

    “Kami belum bisa pastikan, mudah-mudahan saja (bisa dipasarkan di Indonesia) karena peminatnya pasti ada tapi sampai berapa banyak terus dilihat dari skala ekonomi dan apakah bisa diproduksi di sini biar harganya bisa terjangkau. Sampai saat ini kami tidak bisa bicara banyak tentang Yamaha R125″, ujar GM YMII Eko Prabowo.

    Full-Digital Speedometer LCD Yamaha R125

    Jika Yamaha R125 positif bakal masuk Indonesia, tentu saja harganya harus ditekan habis. Pasalnya sportbike bermesin 125cc ini dijual di Inggris dengan bandrol harga sebesar £4,349 atau sekitar Rp 83,3 juta (sesuai kurs hari ini). Tentu ini harga yang tak masuk akal untuk Indonesia, mengingat R15 saja dijual Rp 28 jutaan disini.

    Harga YZF-R125 di Inggris memang lebih mahal dibandingkan dengan Honda CBR125R, tetapi lebih murah dibanding KTM RC125. Berarti harganya ditaruh di tengah-tengah kedua rivalnya itu.

    Sportbike entry-level CBR125R dijual di Inggris dengan harga OTR £3,599 atau sekitar Rp 68,9 juta (sesuai kurs hari ini). Sedangkan KTM RC125 dibandrol seharga £4,499 atau sekitar Rp 86,2 juta (sesuai kurs hari ini). Woow… duit segitu tentu bisa untuk beli 2 unit Ninja RR Mono.

    Spesifikasi Mesin Yamaha YZF-R125

    Soal spesifikasi mesin, Yamaha YZF-R125 mengandalkan mesin satu-silinder SOHC 4-valve berkapasitas 124,7cc dengan pendingin liquid-cooled dan Electronic Fuel Injection, mampu mendistribusikan 14,75 HP pada 9,000 rpm dan torsi sebesar 12,4 Nm pada 8,000 rpm.

    Mesin berkapasitas kecil tersebut dijejali transmisi 6-speed. Tapi jika dilihat seksama, mesin R125 sangat mirip dengan Yamaha Vixion dan YZF-R15. Meskipun punya kapasitas mesin kecil, Yamaha justru membekalinya dengan piranti yang tergolong mahal seperti suspensi upside-down dan full-digital speedometer dengan layar LCD.

    2014 Yamaha YZF-R125

    Makanya harganya jadi selangit, tapi tentunya itu juga karena tuntutan pembeli di Inggris. Komponen mahal semacam itu justru memberikan nilai lebih pada R125, kalau dilucuti dan diganti komponen biasa, tentu tak ada bedanya dengan Suzuki Thunder 125 (mengecualikan fairing).

    Untuk lengkapnya bisa disimak pada tabel spesifikasi Yamaha R125, seperti yang telah kami publikasikan pada bulan Februari yang lalu.

    KOMENTAR