Home Honda Honda CBR150R Lokal Kabarnya Bakal Dijual 27 Jutaan! Duel SOHC vs DOHC...

    Honda CBR150R Lokal Kabarnya Bakal Dijual 27 Jutaan! Duel SOHC vs DOHC Berlanjut

    SHARE

    Honda CBR300R Dual Headlights
    MESINBALAP.com – Segmen motor sport di Indonesia kian berkembang dan grafiknya cenderung meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Suntikan tontonan balap MotoGP juga memberikan efek layaknya obat bius terhadap konsumen.

    Mengklaim sebagai raja motorsport di Indonesia, pabrikan garpu tala sudah lebih dulu melepas gaconya kemarin. Versi full-fairing dari Yamaha Vixion sudah melenggang duluan dengan bandrol harga resmi Rp 28 juta OTR Jakarta. Lantas bagaimana dengan kompetitornya, AHM?

    Tentu AHM tak akan membiarkan Yamaha R15 melenggang sendirian. Melihat polah rivalnya itu, Honda kabarnya sudah menyiapkan CBR150R lokal atau Honda K45 yang akan menggunakan basis naked CB150R StreetFire.

    Isu yang berkembang belakangan ini mengindikasikan jika Honda CBR150R lokal bakal dibandrol lebih murah dibanding Yamaha R15. Menurut sebuah sumber, sebut saja pak eka (bukan nama sebenarnya), katanya CBR150R produksi lokal (versi CKD) akan dijual di kisaran angka Rp 27 juta.

    Jika kabar itu benar 27 jutaan, tentu Yamaha harus waspada, secara dari segi spesifikasi jelas lebil unggul CBR150R dibanding R15. Apapun itu, AHM sudah sepantasnya membuat sportbike dengan harga yang lebih kompetitif.

    Jok Honda CBR300R

    Dengan harga CBR150R versi CBU saat ini yang berkisar di angka 42 jutaan, jelas AHM bakal kelabakan meladeni R15. Itulah sebabnya produksi lokal wajib dilakukan, yang ujung-ujungnya akan membuat harganya makin terjangkau bagi kalangan konsumen.

    Mengingat Yamaha R15 dengan basis SOHC Vixion diproduksi secara lokal, maka lawannya pun harus lokalan juga. Tapi sportbike CBR150R versi CKD akan mengadopsi desain yang sama seperti Honda CBR300R. Untuk swing arm belum jelas apakah sportbike lokal itu akan menggunakan model banana, semoga saja bukan model jadul.

    Namun untuk urusan mesin, Honda CBR150R lokal pastinya akan mengusung mesin satu-silinder 150cc DOHC dengan sistem injeksi PGM-FI, 4-valve dan pendingin cair (liquid-cooled). Join dengan gearbox 6-speed, mesin DOHC StreetFire ini dapat memuntahkan tenaga hingga 17,0 PS pada 10,000 rpm dan torsi maksimum 13,1 Nm pada 8,000 rpm.

    KOMENTAR