Home MotoGP Argentina MotoGP Argentina 2014: Lorenzo Ingin Motor Lebih Kompetitif, Sudah Gak Betah di...

    MotoGP Argentina 2014: Lorenzo Ingin Motor Lebih Kompetitif, Sudah Gak Betah di Yamaha

    SHARE

    Jorge Lorenzo, Movistar Yamaha MotoGP, ARG Q2
    MESINBALAP.com – Jorge Lorenzo sepertinya sudah sangat frustasi membela Yamaha musim ini. Faktor kompetitifnya Yamaha M1 dia angkat lagi ke permukaan. Di sesi kualifikasi kemarin, Lorenzo sudah berjuang mati-matian mencetak lap time terbaik tapi dipatahkan juga oleh bocah sakti Marc Marquez.

    Regulasi pembekuan pengembangan mesin yang diberlakukan musim ini untuk tim Factory class ternyata dia anggap jadi batu sandungan dalam melawan duo Repsol Honda. Jagoan Movistar Yamaha ini pun kelabakan sejak awal musim.

    Jatuhnya Lorenzo di Qatar dan kesalahan jump start di Austin yang lalu disinyalir karena JL sudah benar-benar ogah bertahan di Yamaha lagi. Bukan karena nyamuk? Tampaknya dia sudah tergoda dengan tawaran Honda.

    “Saya ingin punya motor yang lebih kompetitif. Kami sudah berusaha semampu kami, tapi regulasi baru menyebabkan kami tidak bisa mengutak-atik mesin [sepanjang musim] jadi kami cuma bisa memperbaiki sasis dan elektronik saja”, ujar Lorenzo kepada Crash.

    Jorge Lorenzo, Argentina Q2

    Andaikan Yamaha tak mampu menyediakan mesin YZR-M1 yang lebih kompetitif musim ini, maka bukan tak mungkin Lorenzo akan hengkang dari Yamaha. Itu seperti yang dikicaukan JL sebelumnya, intinya jika Yamaha M1 kelabakan melawan Honda RC213V pada musim ini, maka dia akan pergi dari Garpu Tala.

    “Dengan paket yang kami miliki saat ini, kami berusaha memanfaatkannya semaksimal mungkin dan kami puas dengan hasil hari ini. Harapan kami pada balapan nanti adalah sulit, karena Honda sangat kuat di semua trek”, keluh JL.

    Lorenzo mungkin saja menyesal menolak tawaran HRC pada musim 2012 yang lalu, untuk menggantikan Stoner di Repsol Honda pada musim 2013. Tak lain tak bukan lantaran sang pengganti Stoner langsung juara dunia di tahun debutnya.

    Jorge Lorenzo, Movistar Yamaha MotoGP, ARG FP2

    “Kami mencoba memecahkan masalah sebanyak mungkin. Hari ini kami membuat modifikasi kecil sebelum sesi kualifikasi yang terbukti bagus. (Hasilnya motor jadi) lebih baik saat memasuki tikungan dan juga memberi kami lebih banyak traksi.”

    “Sehingga saya bisa menjadi sedikit lebih cepat dan saya sudah maksimal dengan ban lembut untuk mencetak catatan waktu cepat.”

    Jorge Lorenzo, Movistar Yamaha MotoGP, ARG FP4

    Di samping faktor skill pembalap, tentu saja peran motor juga sangat diperhitungkan. Misalnya, jelas sangat mustahil bagi tim CRT ataupun Open class untuk merebut gelar juara dunia menggunakan motornya. Jadi faktor kompetitifnya motor juga tak bisa dipandang sebelah mata.

    Soal balapan Argentina nanti, Lorenzo pesimis bisa mempertahankan posisi kedua. Makanya dia berharap tidak membuat kesalahan lagi di lap-lap awal seperti yang terlanjur dia lakukan di Qatar dan Austin.

    “Saya tidak berpikir saya bisa berada di posisi kedua, yang akan membantu kami saat balapan. Sekarang saya berharap tidak membuat kesalahan lagi di lap pertama! Dan hanya berkonsentrasi pada laju saya”, harap Lorenzo.

    Jorge Lorenzo, ARG Q2

    “Ada kemungkinan kecil besok akan hujan. Jika kondisinya kering, maka kami punya set-up cukup baik namun lajunya ngedrop banyak sekali setelah beberapa lap dan saya tidak berpikir pembalap lainnya akan menggunakan ban lembut.”

    Meski demikian, Lorenzo juga berharap bisa merebut podium pada balapan MotoGP Argentina nanti.

    “Podium pada hari Minggu akan menjadi cara yang bagus untuk mengawali musim ini”, pungkas JL.

    Lorenzo setia membela Yamaha sejak debut pertamanya di kelas MotoGP pada 2008 silam. Sampai sekarang dia juga belum pernah mencicipi tim lainnya. Lorenzo hengkang ke Honda? Mungkin saja….

    KOMENTAR