Home MotoGP Argentina MotoGP Argentina 2014: Gagal Podium Lagi, Dovi Keluhkan Soal Mesin dan Ban

    MotoGP Argentina 2014: Gagal Podium Lagi, Dovi Keluhkan Soal Mesin dan Ban

    SHARE

    Andrea Dovizioso, Ducati, Race MotoGP Argentina
    MESINBALAP.com – Andrea Dovizioso akhirnya gigit jari setelah tak sanggup bertarung untuk memperebutkan podium di barisan depan. Dovi hanya mampu finish di urutan ke-9 dengan kesenjangan +33.673 detik dari Marquez, setelah kedodoran melawan pembalap Yamaha dan Honda di ronde ketiga MotoGP Argentina, Minggu kemarin.

    Pembalap berdarah Italia ini pun lantas mengeluhkan soal masalah mesin yang menderanya. Mesin Ducati GP14 yang digebernya bermasalah sepanjang balapan berlangsung, dimana olinya keluar dari mesin yang mengakibatkan power mesin Desmo menjadi drop.

    “Ini adalah balapan yang sangat sulit, jujur saya tidak menyangka akan terjadi seperti itu. Saya kurang beruntung karena saya juga mengalami masalah mesin, ketika
    olinya keluar dan menyebabkan hilangnya power”, keluh Dovizioso.

    Selain itu, kesalahan dalam pemilihan ban depan disesalkan Dovi. Yang membuat pacuannya kurang greget saat menikung maupun melakukan pengereman.

    “Saya rasa saya juga membuat keputusan yang salah soal pemilihan ban depan. Karena saya tidak mampu mengerem dan memberikan tekanan pada roda depan, baik di saat
    melakukan pengereman maupun saat menikung, rasanya lambat”, tambahnya.

    Meski berstatus tim pabrikan, Ducati mendapatkan keuntungan dari jatah penggunaan 12 mesin per musim, 24 liter bahan bakar, ban berkompon lunak dan bebas melakukan pengembangan mesin sepanjang musim berjalan.

    Keuntungan tersebut sama seperti yang diberikan Dorna kepada tim Open class, bedanya Ducati boleh menggunakan software ECU buatanya sendiri. Dorna memberikan kelonggaran tersebut lantaran Ducati masih butuh pengembangan mesin, tujuannya agar bisa bersaing dengan Honda dan Yamaha.

    Namun, syarat dan ketentuan berlaku bagi Ducati, sebagaimana yang pernah ditekankan dalam regulasi baru MotoGP 2014 mengenai tim Factory, Factory 2 dan Open class.

    KOMENTAR