Home MotoGP Jerez, Spanyol MotoGP Jerez 2014: Honda Bikin Resah Rossi dan Kubu Yamaha

    MotoGP Jerez 2014: Honda Bikin Resah Rossi dan Kubu Yamaha

    SHARE

    Valentino Rossi
    MESINBALAP.com – Dalam tiga balapan awal MotoGP musim ini Repsol Honda terlihat begitu dominan. Marc Marquez menggondol kemenangan dalam tiga balapan tersebut, sedangkan Dani Pedrosa melengkapi barisan Repsol Honda di podium.

    Sejauh ini Marquez belum terkalahkan dan masih bertengger di posisi puncak klasemen sementara MotoGP 2014. Itulah sebabnya Rossi dan Yamaha mulai gelisah dengan penampilan gemilang Marc Marquez diatas motor Honda.

    Jagoan Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, mengeluhkan performa Yamaha M1 yang menjadi jauh lebih buruk dibanding tahun lalu. Lorenzo beralasan masalah itu disebabkan karena pembekukan pengembangan mesin yang mulai berlaku musim ini dan Yamaha kena efeknya.

    Namun, disisi lain, Valentino Rossi punya pendapat yang berbeda dalam menyikapi masalah ini. Rossi menilai performa Yamaha M1 saat ini sudah meningkat dibanding tahun lalu.

    “Saya pikir saya bisa memberikan bantuan lebih baik tahun ini, karena saya tahu M1 jadi lebih baik dibanding tahun lalu. Saya selalu punya setting yang lebih baik dan saya bisa mendorong lebih. Jadi saya bisa membantu Jorge lebih banyak untuk meningkatkan performa motor”, komentar Rossi.

    Valentino Rossi, Yamaha YZR-M1

    “Saya pikir motor kami hebat, masalahnya adalah Honda! Yang sedikit lebih baik di beberapa area. Saya pikir situasinya sekarang cukuplah jelas.”

    Itu dia masalahnya “Honda”, meskipun Rossi mengklaim Yamaha YZR-M1 sudah meningkat pesat, nyatanya Honda RC213V bikin resah mereka juga. Ini jika melihat dari aspek motor, belum soal pembalapnya.

    “Sekarang kami harus berusaha memahami di area mana kami menyempurnakan motor, terutama menggunakan ban dengan cara yang lebih baik. Saya pikir ini akan menjadi kunci untuk menyempurnakan M1. Saya berharap secepat mungkin, tapi saya pikir kami perlu waktu”, tambahnya.

    Soal panasnya suhu lintasan Jerez, Rossi menilai itu tidak terlalu bermasalah bagi Yamaha.

    “Saya tidak berpikir bahwa panasnya (suhu sirkuit Jerez memberikan efek) yang sangat buruk bagi Yamaha, jika dibandingkan dengan Honda”, tutupnya, dikutip dari Crash.

    KOMENTAR