Home MotoGP Bridgestone Nyatakan Mundur dari Balap MotoGP Usai Musim 2015

    Bridgestone Nyatakan Mundur dari Balap MotoGP Usai Musim 2015

    SHARE

    Bridgestone Honda RC213V Tires
    MESINBALAP.com – Secara mengejutkan Bridgestone membuat pengumuman heboh jelang MotoGP Jerez pada hari Kamis kemarin. Produsen ban asal Jepang tersebut menyatakan bakal mundur dari balap MotoGP usai musim 2015 mendatang.

    Bridgestone memasuki kejuaraan MotoGP mulai tahun 2002 silam, tepat dimana era motor 4-tak dimulai di MotoGP. Ditahun debutnya Bridgestone sukses membantu pembalap merebut pole position, menyabet podium di tahun 2003 dan kemenangan perdana di tahun 2004 di MotoGP Brazil.

    Lantas di tahun 2007 Casey Stoner menyabet gelar juara dunia bersama Ducati dan Bridgestone sebagai pemasok bannya. Saat itu komparasi kinerja ban Bridgestone dan Michelin mulai dipertanyakan, hingga Valentino Rossi pun menggunakannya pada tahun 2008.

    Puncaknya terjadi pada tahun 2009, dimana Bridgestone menjadi pemasok ban tunggal resmi untuk balap MotoGP. Sehingga mau tak mau Michelin kudu cabut dari MotoGP pada waktu itu.

    Komentar Shu Ishibashi (Senior Vice President Bridgestone Motorsport):

    Ban Bridgestone MotoGP“Sejak tahun 2002 Bridgestone telah menginvestasikan sejumlah besar sumber daya mereka ke MotoGP, untuk membantu mencapai tujuan kami menjadi produsen ban terkemuka di dunia.”

    “Selama ini kami telah menjalin kemitraan yang kuat dan sukses dengan Dorna dan tim balap, yang mencapai puncaknya dimana perusahaan kami menjadipemasok ban resmi untuk pertama kalinya dalam kejuaraan ini.”

    “MotoGP sudah terbukti menjadi platform pengembangan ban yang sangat berharga, telah membantu kami memperkenalkan teknologi yang sangat canggih dalam produk ban harian kami, untuk kepentingan konsumen.”

    “Meningkatnya kesadaran merek kami sejak bergabung dalam rangkaian ini juga sudah memberikan hasil yang sangat baik bagi kami. Kami bangga bahwa kami telah terlibat dalam rangkaian yang berlanjut hingga tumbuh dalam popularitas dari tahun ke tahun.”

    Meskipun Bridgestone akan menarik diri dari kejuaraan MotoGP setelah musim 2015, kami sedang mempertimbangkan kesempatan lain untuk mempertahankan posisi kami sebagai pemain kunci bagi penggemar motorsports di seluruh dunia.”

    Komentar Kyota Futami (General Manager Bridgestone Global Motorsport Department):

    Bridgestone MotoGP

    “Dengan sangat berat hati kami akan mundur dari balap MotoGP setelah partisipasi sukses dalam olahraga ini. Namun, setelah mencapai semuanya, kami bertekad untuk keluar.”

    “Kami memasuki kejuaraan ini lebih dari sepuluh tahun yang lalu. Perusahaan kami percaya bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk menarik diri dari MotoGP.”

    “Selama dua musim berikutnya kami akan terus memberikan dukungan kami kepada semua tim dan pembalap. Dan akan terus berinvestasi besar dalam program pengembangan ban MotoGP kami.”

    “Kami akan terus mengembangkan ban sepeda motor selama dua tahun ke depan untuk memastikan bahwa kami meninggalkan kejuaraan ini pada akhir musim 2015 dengan cara sebaik mungkin.”

    KOMENTAR