Home MotoGP Jerez, Spanyol Senjata Ampuh Rossi di MotoGP Jerez “Ban Depan Ekstra Keras”

    Senjata Ampuh Rossi di MotoGP Jerez “Ban Depan Ekstra Keras”

    SHARE

    Marquez vs Rossi, Race Jerez
    MESINBALAP.com – Valentino Rossi tampil memukau sepanjang balapan ronde ke-4 MotoGP 2014 yang digelar di sirkuit Jerez Spanyol, Minggu (4/5/2014). Memulai balapan dari posisi keempat, Rossi langsung bisa melejit ke barisan depan pembalap.

    Jerez dianggap Rossi sebagai salah satu sirkuit favoritnya dalam kalender MotoGP dan terakhir kali dia naik podium di sana pada tahun 2010 silam. Pembalap Movistar Yamaha ini di sesi warm-up sudah memperkirakan jika dirinya bisa cukup kompetitif saat balapan.

    Dan benar saja, tidak biasanya di awal balapan penonton sudah disuguhi pertarungan menegangkan antara The Doctor dan Baby Alien. Strategi yang diterapkan Rossi sangat beresiko, karena dia menggunakan ban ekstra keras untuk bagian depan.

    “Saya sangat senang karena Jerez merupakan salah satu sirkuit favorit saya dan balapan akhir pekan, juga bagi orang-orang di sekitar trek dan atmosfernya”, komentar Valentino Rossi dalam rilis Movistar Yamaha.

    “Kami bekerja sangat baik selama akhir pekan ini dan meningkatkan performa motor, juga pagi ini dan terlihat sepertinya saya bisa cukup kompetitif saat balapan.”

    Rossi, Selebrasi MotoGP Jerez

    Di beberapa seri sebelumnya, Marquez terlihat sangat kompetitif saat menggunakan ban depan-belakang berkompon keras. Strategi MM itu membuat Rossi putar otak untuk mencoba strategi mirip seperti yang diterapkan Marquez.

    “Saya memilih ban ekstra keras pada bagian depan, itu memang berisiko tapi saya lebih khawatir kinerja ban medium di akhir balapan. Kondisi trek saat ini sangat buruk, motor spin di mana-mana”, tambahnya.

    Hasilnya… jreng jreng jreng, Rossi bisa kompetitif di barisan depan dan bertahan sampai akhir balapan. Di balapan sebelumnya juga Rossi selalu keteteran di lap-lap akhir, masalahnya bisa karena ban medium yang gampang tergerus aspal dan cepatnya akselerasi berkat SSG M1.

    Rossi-Lorenzo, MotoGP Jerez

    “Saya pikir saya melakukan pekerjaan hebat, saya melakukan start bagus dan saya mencoba tetap menempel Marc tapi itu mustahil.”

    “Setelah itu saya mencoba menjaga kecepatan saya dan mendorong dimana pun saya bisa dan dimana motor saya terasa seimbang dan saya terus cukup konstan. Pada akhirnya Dani mendekat tapi saya hampir saja putus asa di lap terakhir untuk bertahan di depan.”

    Rossi-Pedrosa, MotoGP Jerez

    “Saya sangat bangga dan sangat senang bisa tiba di posisi kedua di sini, karena tahun 2010 adalah terakhir kalinya saya berdiri di podium Jerez”, tutup Rossi yang sangat sumringah.

    KOMENTAR